Pengertian Sistem Informasi Akuntansi
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani
segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi.
Akuntansi sendiri sebenarnya
adalah sebuah sistem informasi.
Fungsi penting yang
dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :
-
Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
-
Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses
pengambilan keputusan.
-
Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan
transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi
keuangan.
SIA terdiri dari 3 subsistem:
Sistem
pemrosesan transaksi
mendukung proses operasi bisnis harian.
Sistem
buku besar/ pelaporan keuangan
menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi,
neraca, arus kas, pengembalian pajak.
Sistem
pelaporan manajemen
yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan
keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan
keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.
Sistem
Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen memproses berbagai transaksi
non-keuangan yang tidak bisa diproses oleh SIA biasa. tapi bagaimana juga
sistem juga di lakukan dengan kerja bersama time...dengan mendukung semua ide
dari masing2 group yang melakukan kerja dilapangan.....dan bagaimana kita
memberikan semangat yang tinggi buat karyawan....perusahaan
Cara Kerja
Untuk memahami bagaimana SIA bekerja, perlu untuk
menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut :
Bagaimana
mengoleksi data yang berkaitan dengan aktivitas dan transaksi organisasi?
Bagaimana
mentransformasi data kedalam informasi sehingga manajemen dapat menggunakan
untuk menjalankan organisasi?
Bagaimana
menjamin ketersediaan, keandalan, keakuratan informasi ?
Manfaat
Sebuah SIA menambah nilai dengan cara:
Menyediakan
informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama
pada value chain secara efektif dan efisien.
Meningkatkan
kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
Meningkatkan
efisiensi
Meningkatkan
kemampuan dalam pengambilan keputusan
Meningkatkan
sharing knowledge
menambah
efisiensi kerja pada bagian keuangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar