Apa saja yang perlu diperhatikan pada saat memilih anggota tim proyek? Jelaskan!
Jawab :
Secara spesifik, membangun sebuah tim artinya harus mengembangkan
semangat, saling percaya, kedekatan, komunikasi, dan produktivitas.
- Semangat : Muncul karena masing-masing anggota percaya bahwa mereka
memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas. Makin tinggi tingkat
kepercayaan mereka atas kemampuannya, makin besar pula motivasi mereka
untuk menyelesaikan tugas dengan baik
- Saling percaya : Rasa saling
percaya antar sesama anggota merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki
oleh setiap anggota tim, agar tim mampu bekerja secara efektif.
- Kedekatan : Kedekatan antar anggota merupakan perasaan yang mampu
menyatukan anggota secara sukarela. Suatu kelompok yang kohesif adalah
kelompok yang dimiliki oleh setiap anggotanya. Mereka mempunyai tingkat
loyalitas yang tinggi terhadap kelompoknya. Umumnya kelompok yang
kohesif akan lebih produktif.
- Komunikasi : Agar tim bisa berfungsi
dengan baik, semua anggota harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkan
hubungan antar pribadi secara baik, bicara secara terbuka satu sama
lain, memecahkan konflik yang ada, dan secara bersama menghadapi
masalah.
- Produktivitas : Tim seyogianya dapat menyelesaikan tugas
yang tidak mungkin dilaksanakan perorangan. Melalui saling berbagi
sumber daya, ketrampilan, pengetahuan, kepemimpinan, maka tim berpotensi
sangat lebih efektif daripada perorangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar